Senin, 02 Mei 2011

Demokrasi Tentang Islam


Disentralisikan islam adalah agama allah yang paling sempurna didunia ini,allah telah banyak menegaskan tentang agama islam,dan allah menurunkan wahyu terakhirnya pada rasullulah kita.yaitu di surah al-maidah : 3 yang artinya:

‘...pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu,dan telah ku-cukupkan kepadamu nikmaatku,dcan telah kuridohi islam itu jadi agama bagimu.’

Termasuk dalam kesempurnaan islam adalah diisyaratkan untuk bermusyawarah kepada semua orang yang ada dimuka bumi ini dalam menyelasaikan suatu permasalahan yang dihadapi.rasullulah banyak mengajarkan atau mencontohkan kepada kita dengan para sahabatnya.beliua tak segan untuk meminta dan mendengarkan pendapat para sahabatnya dalam menyusun strategi dalam peperangan KHANDAQ.

A . surah ali-imran ayat 159
     Allah menerangkan didalam surah ini tentang sikap kamu kepada orang yang lemah lembutdalamnmenghadapi permasalahan.seperti allah berfirman dalam surah ali-imran ayat      159: yang mana artinya:
    
’maka disebabkan rahmat dari allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka,sekirannya kamu bersikap keras lagi berhati kasar,tentulah mereka menjauhkan diri dari      sekelilingmu.karena itu maafkanlah mereka.mohonkanlah ampun bagi mereka,dan bermusyawaralah kamu dengan mereka dalam urusan itu.kemudian apabila kamu telah      membulatkan tekad,maka bertaqwalah kepada allah,sesungguhnya allah menyukai orang-orangyang bertawakal kepadanya’.

Isi kandungan dari surah ali- imran 159.

A . ada 3 hal yang dilakukan dalm melakukan  permusyawarahan bagi peserta musyawarah,yaitu.
              •    Bersikap lemah lembut,yaitu bertutur kata yang baik dan sopan serta menghindari sikap keras kepala.
              •    Mudah memberi maaf kepada orang lain dalam bermusyawarah,dan tidak bersikap dengki dan dendam.
              •    Memohon ampunlah kepada allah dan bertawaqalah kamu.
B . musyawarah mufakat untuk memperoleh kebenaran serta dicapainya keputusan yang terbaik dan mengikat terhadap peserta musyawarah untuk melaksanakan keputusan.
C . berbeda pendapat atau silang pendapat merupakan sunantullah dan rahmat.hal ini tidak dilarang dalam islam sepanjang tidak menimbulkan permusuhan.
     Perilaku yang mencerminkan surah ali-imran 159
              •    Musyawarah adalah suatu perkumpulan yang mana dalam perkumpulan tersebut dapat memcahkan suatu masalah bersama,untuk menghindari penyimpangan dan                      meletakkan langkah-langkah bersama secara bulat atau sesakma.
              •    Kebebasan dalam berdemokrasi tidak dapat di kekang dalam syariat islam,islam mempersilahkan kepada semua umatnya untuk mengadakan suatu perkumpulan,baik                    dalam bidang ekonomi,sosial,politik dan sebagainya.akan tetapi standard moral harus dipatuhi dan tujuannya harus diarahi untuk meneggakan kebenaran dan keadilan.
              •    Islam memberikan hak untuk kebebasan berfikir dan mengemukakan pendapat bagi umat islam,sepanjang kebebasan tersebut untuk memperluas kebenaran dan                    kebajikan.
              •    Konsepsi kebebasan berekspresikan dan berpendapat untuk ditunjukkan dari amar makruf nahi mungkar.
              •    al-quran menyelipakan nilai-nilai berdemokrasi yang tercermin dalam dialog nabi IBRAHIM a.s dan nabi ISMAIL a.s.beilau tidak menggunakan cara-cara yang                   berdemoktratis.sikap ini harusnya kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

B . syurah as-syurah 38

‘dan bagi orang-orang yang mematuhi seruan dari tuhannya dan dia mendirikan sholat,sedangkan urusan mereka diputuskandengan musyawarat antara mereka;dan dari sebagian rezeki kami berikan kepada mereka,mereka menafkahkan.(Q.S asy-syura : 38)

Isi kandungan surah asy-syura (42):38

Musyawarah telah banyak dicontohkan oleh rasullulah kita kepada pengikutnya,misalnya memilih tempat untuk kaum muslimin dalam menghadapi peperangan melawan kaum kafir quraisy mekah menjelang perang badar dan ternayata peperangan tersebut dimenangkan oleh kaum muslimin.

A . Ada 3 hal yang terkandung dalam surah asy-syura:38,
              •    orang yang beriman selalu meneggakan sholat,membersihkan hati,dan meninggalkan perbuatan mungkar.
              •    Mendahulukan kepentingan umum dengan senantiasa suka bermusyawarah,sehinggan kehidupannya tidak berpola egoistis.
              •    Menafkahkn rezeki kepada jalan allah.

Perilaku yang mencerminkan Q.s asy-syura: 38
Dalam musyawarah peserta harus memiliki sikap berikut.

A . sikap lemah lembut,menghindari tutur kata yang kasar.
B . lapang dada dan sikap mental untuk slalu beredia memberi maaf kepada para peserta lain.
C . seimbang dalam menggunakan akal dan hati nurani.hati nurani dalam agama islam bisa disebut juga dengan ilham,hidayah, atau firasafat.
D . mengimplementasikan prinsip-prinsip musyawarah dalam memecahkan suatu permasalahan.
              •    Tidak memaksakan kehendak (q.s ali-imran 159)
              •    Mengutamakan kepentingan bersama (q.s asy-syura 38)
              •    Menjunjung semangat kebersamaan dan kekeluargaan (hadis)
              •    Hasil keputusan harus berikat dan dilaksanakan dengan iktidat yang baik,penuh rasa tanggung jawab (q.s ali-imran 159)
              •    Menjunjung tinggi harkat martabat manusia serta nilai kebenaran (q.s alisra 36)
              •    Dilakukan dengan menggunakan akal sehat dan hati nurani (hadis)




dodo-mamans.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar